Pemicu Gagal Ginjal Akut Mulai Terang, Begini Penjelasan RSUP Sardjito

Rabu, 26 Oktober 2022 – 08:34 WIB
Pemicu Gagal Ginjal Akut Mulai Terang, Begini Penjelasan RSUP Sardjito - JPNN.com Jogja
Konferensi pers hasil pemeriksaan sampel pasien gagal ginjal akut di RSUP Sardjito. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tim riset dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta telah melakukan penelitian terhadap sampel kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Berdasarkan hasil sementara, mereka belum menemukan bukti bahwa pasien-pasien gagal ginjal akut pada anak itu dipicu oleh konsumsi obat sirop yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas normal.

"Jadi, serum (EG dan DEG) dengan kadar itu memang belum kami temukan," kata Pakar Nefrologi RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Retno Palupi saat konferensi pers di Yogyakarta, Selasa (25/10).

Berdasarkan hasil biopsi atau pengambilan sampel jaringan ginjal yang dilakukan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, menurut dia, mereka justru menemukan adanya nekrosis tubular akut yang umum didapati pada kasus pasien inflamasi atau infeksi berat.

"Yang kami masukkan sebagai kriteria gagal ginjal akut progresif atipikal ini adanya gangguan di tubulus ginjal. Di pipa-pipa ginjal itu ada gangguan yang mengalami nekrosis atau kematian jaringan tubulus dan degenerative, kerusakan di pipa-pipa ginjal itu," ujar dia.

Namun demikian, lajut Retno, investigasi tersebut belum final karena RSUP Sardjito masih menunggu hasil uji sampel yang dikirimkan ke Labkesda DKI Jakarta pada 19 Oktober 2022.

"Kami belum mendapatkan informasi dari laboratorium yang ditunjuk. Jadi, kami mengirimkan beberapa sampel kami dan belum mendapatkan laporannya," kata dia.

Anggota tim medis dari Divisi Nefrologi Anak RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Kristia Hermawan mengatakan kristal pada saluran pipa ginjal terbentuk saat ada senyawa asing di sepanjang saluran pipa ginjal itu.

Tim dokter dari RSUP Sardjito telah meneliti sampel pasien gagal ginjal akut. Begini hasilnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia