Bantul dan Sleman Sudah Ada Kasus Gagal Ginjal, Bagaimana di Kota Jogja?

Selasa, 25 Oktober 2022 – 09:40 WIB
Bantul dan Sleman Sudah Ada Kasus Gagal Ginjal, Bagaimana di Kota Jogja? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Gagal ginjal pada anak. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan sampai saat ini setidaknya ada 13 kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Kasus-kasus gagal ginjal akut itu semuanya ditangani oleh RSUP Dr. Sardjito. Enam di antaranya meninggal dunia, tiga dinyatakan sembuh dan empat anak masih dalam perawatan.

Dari 13 kasus itu, dua di antaranya berasal dari Kabupaten Bantul dan tiga di Kabupaten Sleman.

Di Kota Yogyakarta, dinas kesehatans setempat sudah memastikan bahwa tidak ada kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan pihaknya saat ini sedang meningkatkan kewaspadaan untuk merespons kasus-kasus yang mengarah ke gagal ginjal.

"Kami sudah menyampaikan surat edaran ke seluruh pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan,” kata dia, Senin (24/10).

Dalam surat edaran yang dikeluarkan pada 21 Oktober tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta meminta seluruh fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan penanganan pada setiap kasus suspek dan probabel gangguan ginjal akut, salah satu gejalanya adalah anuria yang terjadi tiba-tiba.

"Setiap kasus juga harus dilaporkan sehingga bisa dilakukan penanganan lebih cepat. Pelaporan dapat dilakukan melalui aplikasi RS Online atau Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon," katanya.

Sudah ada 13 kasus gagal ginjal di DIY. Dua di Bantul dan tiga di Sleman. Bagaiamana dengan di Kota Yogyakarta?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News