Anak-Anak di Kulon Progo yang Mengalami Gagal Ginjal Bisa Dirujuk di Sini

Kamis, 27 Oktober 2022 – 13:22 WIB
Anak-Anak di Kulon Progo yang Mengalami Gagal Ginjal Bisa Dirujuk di Sini - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kasus gagal ginjal pada anak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Bagi Anda yang memiliki anak atau kerabat di Kulon Progo dengan gejala gagal ginjal akut, bisa membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah menetapkan RSUD Wates sebagai pusat rujukan penanganan gagal ginjal akut pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan saat ini ada satu kasus gagal ginjal akut pada anak di Kabupaten Kulon Progo.

"Kami menyiapkan fasilitas layanan kesehatan sesuai standar untuk antisipasi apabila terjadi kenaikan kasus meliputi sarana dan prasarana, sumber daya manusia terlatih, alur sistem layanan, mekanisme rujukan. Kemudian, rumah sakit rujukan gagal ginjal akut adalah RSUD Wates," kata Sri Budi Utami.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, mengikuti anjuran puskesmas dan Dinas Kesehatan, dan tetap memonitor anaknya yang sakit.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, meningkatkan kewaspadaan dan jangan mudah terpengaruh oleh informasi-informasi yang kurang bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Sri Budi Utami mengatakan Dinkes Kulon Progo secara masif memberikan edukasi kepada masyarakat secara masif dan berulang tentang pemahaman kasus gagal ginjal akut, penyebab, gejala, apa yang harus dilakukan bila ada putranya yang sakit.

Selanjutnya, Dinkes menginstruksikan kepada seluruh apotek dan toko obat untuk sementara tidak menjual obat-obat dalam bentuk sirup atau cairan.

Warga Kulon Progo yang memiliki anak atau kerabat dengan gejala kasus gagal ginjal akut bisa berobat ke RSUD Wates.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia