Update Pasien Gagal Ginjal Akut di RSUP Sardjito, 7 Meninggal, 4 Sembuh

Rabu, 26 Oktober 2022 – 09:50 WIB
Update Pasien Gagal Ginjal Akut di RSUP Sardjito, 7 Meninggal, 4 Sembuh - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Penanganan pasien di RSUP Sardjito. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta sejauh ini sudah menangani 13 pasien gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Pakar nefrologi RSUP Dr Sardjito Retno Palupi mengatakan saat ini sudah ada empat anak yang dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut.

Keempat anak itu saat ini sudah diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan.

Empat anak yang sudah dinyatakan sembuh itu dua di antaranya berasal dari DIY dengan usia dua tahun dan 6,5 tahun, sedangkan dua lainnya berasal dari Jawa Tengah dengan usia 13 tahun dan satu tahun.

Retno mengatakan tiga dari empat anak itu sudah bebas dari hemodealisis atau terapi cuci darah, tetapi satu anak dengan usia 13 tahun masih harus menjalani cuci darah.

"Fungsi ginjal sudah membaik. Artinya, sudah normal atau mendekati normal. Misalnya, normal 90 mereka sudah 89. Kemudian, yang satu pasien masih harus kami monitor dengan cuci darah," kata dia saat konferensi pers, Selasa (25/10).

Menurut Retno, hingga saat ini tidak ada penambahan kasus gagal ginjal akut yang ditangani RSUP Dr Sardjito.

Dari 13 pasien gagal ginjal akut yang tercatat sejak Januari 2022 hingga Oktober 2022, tujuh dinyatakan meninggal dunia, empat sembuh, dan dua lainnya masih menjalani rawat inap.

RSUP Dr. Sardjiot sejauh ini telah menangani 13 pasien gagal ginjal akut. Tujuh di antaranya telah meninggal dunia, sedangkan empat anak sudah dinyatakan sembuh
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia