Anggota Panwascam Kota Yogyakarta Sudah Terpilih, Apa Saja Tugas Mereka?

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 11:21 WIB
Anggota Panwascam Kota Yogyakarta Sudah Terpilih, Apa Saja Tugas Mereka? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Proses seleksi panwascam Yogyakarta untuk Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kota Yogyakarta sudah memiliki 42 panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan atau panwascam yang akan membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Anggota panwascam itu akan disebar di 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, sesuai dengan wilayah mereka masing-masing.

Ke-42 panwascam yang terpilih itu merupakan sumber daya manusia mumpuni dan memahami kondisi lapangan di wilayah masing-masing.

“Salah satu fokus utama kami dalam menyeleksi panwascam adalah penguasaan dan pemahaman mereka terhadap kondisi di wilayah masing-masing karena ini menjadi modal sosial dalam menghadapi Pemilu 2024,” kata Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Tri Agus Inharto, Jumat (28/10).

Menurut dia, modal sosial yang harus dimiliki oleh anggota panwaslu kecamatan adalah mengenal tokoh-tokoh kunci di kecamatan masing-masing hingga ke tingkat kampung.

“Mau dari partai politik mana pun, semua harus dikenal sehingga akan memudahkan jika mereka harus menyelesaikan sengketa cepat karena mereka akan dihadapkan pada konflik langsung di lapangan,” katanya.

Pada Pemilu 2024, panwascam memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa cepat yang terkait dengan persoalan administratif. Salah satu sengketa yang bisa diselesaikan adalah terkait lokasi pemasangan alat peraga kampanye.

Selain itu, lanjut Agus, Bawaslu Kota Yogyakarta akan memberikan pembekalan terkait teknik penyelesaian sengketa cepat. Pembekalan langsung diberikan selama dua hari seusai pelantikan.

Bawaslu Kota Yogyakarta telah memilih 42 anggota panwascam yang akan bertugas mengawasi Pemilu 2024. Apa saja tugas mereka?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia