Di Konser Jaz, Tokoh BPIP Orasi tentang Keberagaman dan Toleransi

Minggu, 30 Oktober 2022 – 20:00 WIB
Di Konser Jaz, Tokoh BPIP Orasi tentang Keberagaman dan Toleransi - JPNN.com Jogja
Tokoh BPIP Prof Amin Abdullah menyampaikan orasi saat konser Jazz Syuhada 2022. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ada yang unik saat konser Jazz Syuhada 2022 di Kota Baru, Yogyakarta pada Sabtu (29/10).

Konser musik itu dihadiri oleh dua tokoh penting Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP), yaitu Ketua Dewan Pengarah BPIP Amin Abdullah dan Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Dua guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu menilai konser jaz adalah sarana yang tepat untuk menyampaikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda.

Sebelum konser dimulai, acara itu dibuka oleh kata sambutan dari Yudian Wahyudi, kemudian dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Amin Abdullah.

Amin menyampaikan orasi bertema "Pancasila melalui Seni, Musik, dan Budaya dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda: Merajut Keragaman Memperkokoh Kemanusiaan".

Menurut Amin, masyarakat Indonesia tahu bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa, tetapi tidak semuanya paham bagaimana mengimplementasikan Pancasila.

Amin memulai pemaparannya dengan menjelaskan latar belakang penyelenggaraan konser Jazz Syuhada 2022 yang berlokasi di antara Masjid Syuhada, Gereja HKBP dan Gereja Santo Antonius Kotabaru.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu menyebutnya sebagai segitiga yang mewarnai kehidupan toleransi di Jogja.

Dua tokoh penting BPIP hadir di konser jaz di kawasan Kota Baru, Yogyakarta. Prof Amin Abdullah bahkan menyampaikan orasi tentang keberagaman dan toleransi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia