Demi Menjaga Perayaan Natal 2022, Pemkab Sleman Pantau Eks Napiter

Senin, 19 Desember 2022 – 21:00 WIB
Demi Menjaga Perayaan Natal 2022, Pemkab Sleman Pantau Eks Napiter - JPNN.com Jogja
Tim Gegana Polda DIY melakukan sterilisasi di gereja-gereja jelang Natal, Jumat (24/12). Foto: Humas Polda DIY

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istinewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan beberapa langkah strategis untuk mengamankan jalannya perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Salah satu hal penting yang akan dilakukan adalah berkomunikasi dan memantau para mantan narapidana terorisme (napiter) yang tinggal di Sleman.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan dengan Satintelkam Polresta Sleman, Seksi Intel Kodim 0732/Sleman, Tim Cegah Densus 88 Anti-Teror Mabes Polri, BIN dan BAIS.

Menurut dia, Pemkab Sleman juga akan menginventarisasi dan mendata jadwal misa maupun kebaktian Natal di seluruh gereja di wilayah Kabupaten Sleman, bekerja sama dengan Kanwil Kementerian Agama.

"Kemudian, juga melakukan plotting personel pemantauan dan pengamanan tertutup (pamtup) selama peringatan Natal dan malam pergantian tahun bekerja sama dengan seluruh institusi yang memiliki unit dan fungsi intelijen dan pengamanan," katanya.

Ia mengatakan komunikasi juga dilakukan dengan kelompok buruh dan elemen mahasiswa untuk meminimalisir aksi unjuk rasa salam natal dan tahun baru.

"Selain itu kami juga melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap orang atau warga negara asing yang berdomisili di Kabupaten Sleman, bekerja sama dengan Tim Pengawasan Orang Asing dan Kantor Imigrasi Yogyakarta," ujar dia.

Pemkab Sleman juga akan mengoptimalkan jejaring intelijen daerah dan forum-forum kemitraan berbasis masyarakat dalam upaya deteksi dini cegah dini potensi konflik sosial maupun kejadian menonjol lainnya selama Natal dan tahun baru.

Pemkab Sleman akan memantan para mantan napiter yang tinggal di Sleman demi memastikan kemanan perayaan Natal 2022.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News