Awas, Kenaikan Inflasi pada Akhir Tahun, Pemkot Yogyakarta Bersiap Diri

Rabu, 21 Desember 2022 – 10:40 WIB
Awas, Kenaikan Inflasi pada Akhir Tahun, Pemkot Yogyakarta Bersiap Diri - JPNN.com Jogja
Aktivitas liburan akhir tahun bisa memicu inflasi di Kota Yogyakarta. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Libur panjang akhir tahun bukan hanya berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan dan perekonomian di Kota Yogyakarta, tetapi juga bisa memicu kenaikan inflasi.

Pemerintah Kota Yogyakarta telah berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah untuk melakukan berbagai upaya antisipasi potensi kenaikan inflasi pada Desember yang dipicu oleh aktivitas liburan.

Asisten Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kadri Renggono mengatakan salah satu yang paling mereka khawatirkan adalah kenaikan harga sejumlah barang-barang kebutuhan pokok.

"Ada beberapa skema yang kami siapkan untuk intervensi," kata dia di sela rapat pleno pengendalian inflasi di Yogyakarta, Selasa (20/12).

Kenaikan inflasi di Kota Yogyakarta terjadi sejak April yaitu mencapai 4,12 persen dan terus merangkak naik. Kenaikan tersebut dipicu oleh langkanya minyak goreng sehingga harga komoditas tersebut melambung tinggi.

Hingga akhir November, tingkat inflasi di Kota Yogyakarta mencapai 6,54 persen, lebih tinggi dibanding inflasi pada nasional di angka 5,42 persen dan berdasarkan perkiraan dari Bank Indonesia, tingkat inflasi pada Desember berpotensi mengalami kenaikan 0,3 persen.

Sebelumnya, target inflasi ditetapkan maksimal empat persen sepanjang 2022.

Intervensi yang masih memungkinkan untuk dilakukan adalah memastikan komunikasi dan koordinasi antarpihak agar tidak ada kelangkaan bahan kebutuhan pokok di pasar.

Pemkot Yogyakarta bersiap diri untuk mencegah kenaikan inflasi dalam jumlah yang besar saar libur panjang akhir tahun. Begini strateginya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia