Perkenalkan, Si Cakra, Motor Cepat Tanggap Pemadam Kebakaran di Yogyakarta

Kamis, 22 Desember 2022 – 11:30 WIB
Perkenalkan, Si Cakra, Motor Cepat Tanggap Pemadam Kebakaran di Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Si Cakra, motor pemadam kebakarana milik Pemkot Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Guna mengoptimalkan penanganan musibah kebakaran di Kota Yogyakarta, Dinas Pemadam Kebakaran melakukan terobosan dengan pengadaan dua sepeda motor pemadam kebakaran yang diberi nama Si Cakra atau sigap cepat atasi kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat mengatakan mereka memilih untuk menambah armada sepeda motor agar penanganan kebakaran bisa dilakukan dengan waktu respons yang cepat.

Dia mengatakan Si Cakra dilengkapi dua tabung pemadam busa dengan kapasitas 25 liter dan dilengkapi alat pemadam api ringan untuk pemadaman.

Sepeda motor tersebut rencananya akan ditempatkan masing-masing di Mako Induk Balai Kota Yogyakarta dan di pos Kyai Mojo.

Selain sepeda motor, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan juga akan menambah mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 3.000 liter serta tambahan 30 unit alat pelindung diri berupa pakaian tahan panas dan alat pelindung untuk evakuasi sarang tawon. Pengadaan sarana prasarana dilakukan melalui APBD Perubahan 2022.

Selain tambahan peralatan untuk petugas pemadam kebakaran, juga ada tambahan sarana prasarana untuk sukarelawan kebakaran berupa pompa portabel yang dibagikan ke delapan kampung.

Pompa tersebut diharapkan dapat mendukung upaya awal penanganan kebakaran di wilayah sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sehingga potensi korban tidak meluas.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan penambahan sarana dan prasarana diharapkan dapat mempercepat upaya pemadaman kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta kini memiliki sepeda motor pemadam kebakaran agar respons musibah kebakaran bisa lebih cepat. Namanya Si Cakra.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News