Bukan Menabur Garam, Begini Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah

Minggu, 23 Oktober 2022 – 19:00 WIB
Bukan Menabur Garam, Begini Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah - JPNN.com Jogja
Petugas mengevakuasi ular saat saat masuk ke rumah. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat musim hujan hewan-hewan liar sering masuk ke rumah-rumah sehingga membuat warga panik.

Jenis hewan berbahaya yang paling sering masuk ke permukiman saat musim hujan adalah ular dan biawak.

Pada Oktober 2022, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta sudah mengevakuasi sepuluh ekor ular, satu ekor biawak, dan dua ekor musang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat berbagi tips bagaimana mencegah ular masuk ke rumah saat musim hujan.

Pertama-tama, masyarakat perlu menjaga kondisi rumah agar senantiasa rapi dan tidak lembab.

Selain itu, masyarakat bisa menambahkan aroma weangian di dalam rumah karena ular sensitif terhadap bau.

“Selama ini banyak masyarakat yang menilai untuk mencegah ular masuk perlu diberi garam kasar di sekeliling rumah. Cara tersebut tidak efektif. Lebih baik diberi wewangian,” katanya.

Kepala Seksi Operasional Pengendalian dan Pemadam Kebakaran DPKP Kota Yogyakarta Mahargyo mengatakan masyarakat bisa menyemprotkan pewangi di ruangan serta menjaga rumah agar tidak lembab dan selalu bersih.

Saat musim hujan, ular sering masuk ke rumah-rumah warga. Menurut Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta, begini cara mencegah ular agar tidak masuk rumah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia