Yogyakarta Punya Alat untuk Membantu Ambulans dan Pemadam Kebakaran, Canggih

Selasa, 08 November 2022 – 12:38 WIB
Yogyakarta Punya Alat untuk Membantu Ambulans dan Pemadam Kebakaran, Canggih - JPNN.com Jogja
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di sebuah kios laundry pada Minggu (10/7). Foto: Humas Polresta Yogyakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kendaraan kegawatdaruratan seperti ambulans dan pemadam kebakaran harus mendapat prioritas saat melintas di jalan raya.

Namun, mobilitas kendaraan kegawatdaruratan sering kali terhambat oleh padatnya arus lalu lintas, terutama pada jam-jam sibuk pagi dan sore.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan sistem priority vehicle berupa alat yang akan membantu kendaraan kegawatdaruratan agar tak terjebak di lampu lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arief mengatakan alat ini adalah terobosan yang bisa memudahkan kendaraan seperti ambulans dan pemadam kebakaran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dia menjelaskan bahwa alat ini akan dipasang di kendaraan gawat darurat dan di lampu lalu lintas.

"Alat akan memerintahkan sistem di lampu lalu lintas sehingga memberikan prioritas bagi kendaraan gawat darurat yang akan melintas," kata Agus, Selasa (8/11).

Alat tersebut akan bekerja secara otomatis saat kendaraan gawat darurat berada dengan jarak sekitar 300 meter.

Jika lampu lalu lintas di ruas jalan sedang menyala hijau, alat tersebut akan menahan durasi lampu hijau agar semakin lama sampai kendaraan gawat darurat tersebut melintas.

Pemkot Yogyakarta memiliki sebuah alat canggih yang bisa membantu ambulans dan pemadam kebakaran saat melintas di jalan raya. Apa itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News