Sebanyak Ini Kejadian Bencana di Bantul pada 2022, Total Kerugian Mencapai Rp 23 Miliar

Senin, 09 Januari 2023 – 14:00 WIB
Sebanyak Ini Kejadian Bencana di Bantul pada 2022, Total Kerugian Mencapai Rp 23 Miliar - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bencana di Kabupaten Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah salah satu wilayah yang rawan kebencanaan, terutama saat musim hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul telah mendata total kejadian kebencanaan di daerah itu sepanjang 2022.

Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Bantul Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan pada tahun lalu total telah terjadi 548 perisitwa kebencanaan di Bantul.

Jumlah tersebut naik 175 kejadian dibanding tahun sebelumnya yang mencatat 373 kejadian.

Dia menyebut salah satu kejadian kebencanaan yang naik adalah kejadian gerakan tanah dampak bencana hidrometeorologi, sebanyak 176 kejadian, naik 73 kejadian dibanding sepanjang 2021 yang sebanyak 103 kejadian gerakan tanah.

"Dampak hidrometeorologi karena faktor iklim dan cuaca juga mempengaruhi," katanya.

Kemudian, kejadian kebakaran di Bantul sepanjang 2022 tercatat sebanyak 134 kejadian, naik dibanding dengan tahun sebelumnya yang memiliki sebanyak 122 kejadian kebakaran.

"Kejadian kebakaran karena korsleting listrik dan kelalaian menjadi faktor penyebabnya," katanya.

BPBD Bantul telah mendata total kebencanaan yang terjadi di Bantul sepanjang 2022. Sebegini jumlahnya. Total kerugian materiel mencapai Rp 23 miliar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia