Gerakan Nol Sampah Anorganik Sudah Mulai Kelihatan Hasilnya

Senin, 09 Januari 2023 – 18:04 WIB
Gerakan Nol Sampah Anorganik Sudah Mulai Kelihatan Hasilnya - JPNN.com Jogja
Pengelolaan sampah di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Per 1 Januari 2023 Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan gerakan nol sampah anorganik untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Piyungan.

Sejak saat itu, warga Yogyakarta hanya boleh membuang sampah organik dan residu ke tempat pembuangan sementara. Sedangkan sampah anorganik harus diolah secara mandiri atau melalui bank sampah.

Lebih dari sepekan gerakan itu diterapkan, volume sampah dari Kota Yogyakarta yang dibuang ke TPA Piyungan berkurang sekitar 15 ton per hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto mengatakan berkurangnya volume sampah merupakan awal yang baik untuk mencapai tujuan yang lebih besar dari gerakan nol sampah anorganik.

Hanya saja, pengurangan volume sampah tersebut masih merupakan hitungan secara keseluruhan, belum dibedakan berdasar jenis sampah organik, anorganik, dan sampah residu.

Sebelum gerakan nol sampah anorganik diberlakukan, rata-rata volume sampah dari Kota Yogyakarta yang dibuang ke TPA Piyungan mencapai 260 ton dengan sekitar 40 persen di antaranya sampah anorganik.

"Jika ditanya apakah masih ada yang tercampur antara organik atau anorganik, tentu masih ada karena masyarakat masih diperbolehkan membuang sampah yang sifatnya residu atau sampah anorganik yang tidak memiliki nilai jual," katanya.

Beberapa jenis sampah residu yang masih diizinkan dibuang ke depo atau tempat pembuangan sampah di antaranya popok dan pembalut hingga tisu.

Lebih dari sepekan warga Kota Yogyakarta tidak membuang sampah anorganik. Sudah mulai tampak hasilnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia