Mahasiswa KKN UAD Gelar Pelatihan Batik Ecoprint untuk Ibu-Ibu PKK

Senin, 06 Maret 2023 – 10:15 WIB
Mahasiswa KKN UAD Gelar Pelatihan Batik Ecoprint untuk Ibu-Ibu PKK - JPNN.com Jogja
Hasil batik ecoprint ibu-ibu PKK di Kulon Progo. Foto: KKN UAD

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) unit XVI.D.2 mengadakan pelatihan pembuatan batik ecoprint untuk ibu-ibu PKK di Padukuhan Srandu, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo.

Pelatihan ini berlangsung pada 13 Februari 2023, bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan baru serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. Acara itu dihadiri oleh 12 peserta dari kelompok PKK.

Mereka diberikan pengenalan mengenai teknik pembuatan batik ecoprint serta bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya.

Proses pembuatan batik ecoprint yaitu dengan cara mentransfer warna serta bentuk secara langsung pada kain.

Khoirul Anwar selaku ketua pelaksana pelatihan mengatakan teknik pembuatan batik ecoprint sebenarnya ada dua jenis, yaitu teknik dengan cara direbus (steaming) dan teknik dengan cara dipukul (pounding).

“Pada pelatihan kali ini kami sebagai panitia pelaksana memilih teknik pounding karena selain lebih murah dan mudah teknik ini juga mampu memberikan motif dan warna yang bagus,” kata Khoirul.

Para peserta diarahkan langsung untuk berlatih membuat batik ecoprint menggunakan teknik pounding.

Khoirul Anwar menambahkan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari program KKN yang bertujuan untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

Mahasiswa KKN UAD ini menggelar kegiatan membuat batik ecoprint bagi ibu-ibu PKK di Kulon Progo.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia