UAD Dinobatkan PTS Terbaik Kategori Penelitian Versi SCImago

Rabu, 10 Mei 2023 – 09:15 WIB
UAD Dinobatkan PTS Terbaik Kategori Penelitian Versi SCImago - JPNN.com Jogja
Kampus Universitas Ahmad Dahlan. Foto: Humas UAD

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik kategori penelitian oleh SCImago Institutions Rankings (SIR).

UAD menempati posisi pertama se-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA), kedua se-Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan ke-37 se-Perguruan Tinggi di Indonesia.

Ada tiga indikator utama yang digunakan dalam proses pemeringkatan tersebut, yaitu research (50 persen), innovation (30 persen) dan societal impact (20 persen).

Kepala Bidang Publikasi Ilmiah di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD Prof Rully Charitas Indra Prahmana mengatakan bahwa jumlah publikasi artikel penelitian dosen UAD dalam setahun terakhir mengalami peningkatan.

“Peningkatan jumlah Kekayaan Intelektual dosen-dosen UAD dalam bentuk Paten, Desain Industri dan Paten Sederhana juga luar biasa. Hal ini memiliki komposisi yang juga besar di dalam pemeringkatan SIR kategori inovasi yakni 30 persen," katanya. 

Rully berharap di masa yang akan datang UAD mampu memberikan pengaruh dan kontribusi yang berdampak.

Dengan begitu, peringkat UAD diharapkan meningkat di level PT dengan target masuk 10 besar.

"Saya berharap para akademisi di lingkungan UAD sudah melek dalam hal literasi publikasi ilmiah dengan menikmati setiap proses dalam upaya mempublikasikan hasil risetnya, baik dalam bentuk Paten maupun artikel ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi yang berkualitas," ujarnya. (mcr25/jpnn)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik kategori penelitian oleh SCImago Institutions Rankings (SIR).

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia