Bikin Ulah di Jogja, WNA Asal Hongaria Dideportasi Imigrasi

Kamis, 06 April 2023 – 11:24 WIB
Bikin Ulah di Jogja, WNA Asal Hongaria Dideportasi Imigrasi - JPNN.com Jogja
WNA asal Hingaria ini dideportasi karena bikin ulah di Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seorang warga negara asing (WNA) asal Hongaria berinisial RS (33) didakwa berbuat onar dan mengganggu ketertiban masyarakat di daerah Siyono, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menerima laporan masyarakat melalui media sosial pada 23 Maret lalu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY Agung Rektono Seto mengatakan WNA asal Hongaria itu terbukti melanggar aturan keimigrasian sehingga harus dideportasi.

Menurut Agung, sejumlah pelanggaran yang dilakukan RS yakni mendirikan tenda di lingkungan gedung serba guna Siyono, Gunungkidul serta membeli barang di salah satu toko swalayan, tetapi diduga tidak membayar.

"RS juga telah mengambil hewan dan tumbuhan dari hutan untuk dijual kepada masyarakat sekitar," ucap dia.

Selanjutnya RS akan dikirim ke Rumah Detensi Imigrasi Semarang, Jawa Tengah, untuk menunggu pemulangan atau deportasi ke negara asal.

Tindakan tersebut, kata Agung, sesuai dengan Pasal 75 ayat (1) UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yang menyebutkan bahwa Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administrasi Keimigrasian terhadap orang asing yang berada di Wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan.

"Ini adalah bentuk keseriusan dari Kantor Imigrasi Yogyakarta dalam menjalankan fungsi pengawasan terkait hukum keimigrasian," ucap dia.

Pihak imigrasi mendeportasi seorang WNA asal Hongaria karena didakwa membuat onar dan melanggar aturan keimigrasian.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News