Saat Puasa Sebaiknya tidak Berolahraga Pagi Hari

Jumat, 07 April 2023 – 06:00 WIB
Saat Puasa Sebaiknya tidak Berolahraga Pagi Hari - JPNN.com Jogja
Joging saat berpuasa. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Orang yang berpuasa pada bulan Ramadan tetap bisa berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, sebaiknya tidak berolahraga pada pagi hari.

Menurut ahli Gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Arjuna, berolahraga pagi hari bagi orang yang berpuasa tidak ideal karena ketahanan tubuh justru akan melemah.

"Tubuh akan jauh lebih lemas dari biasanya," kata Tony, Kamis (6/4).

Bukan hanya tidak ideal, berolahraga pagi hari saat puasa bahkan berisiko bagi beberapa orang tertentu, teturama penderita diabetes yang berpotensi terserang hipoglikemia.

Saat berolahraga, menurut dia, tubuh akan mencari sumber alternatif pembakaran.

"Yang seharusnya glikogen bisa dibakar dalam delapan jam, tetapi karena dipakai ketika olahraga tadi dan tidak ada makanan yang masuk otomatis dia habisnya lebih cepat. Ya, otomatis sisa hari jadi jauh lebih berat untuk dilewati," ujar dia.

Menurut dia, aktivitas olahraga bagi yang berpuasa idealnya dilakukan saat mendekati waktu berbuka.

"Dilakukan 30 menit sampai satu jam sebelum berbuka atau setelah tarawih," kata dia.

Ahli gizi dari UGM menyarankan orang yang berpuasa agar tidak berolahraga paga pagi hari karena akan membuat tubuh lemas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News