Saat Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Mengapresiasi Pemerintah Pusat

Jumat, 21 April 2023 – 07:03 WIB
Saat Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Mengapresiasi Pemerintah Pusat - JPNN.com Jogja
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemeritah Indonesia memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu (22/4). Sedangkan PP Muhammadiyah lebih dahulu telah menetapkan hari pertama Idulfitri tahun ini jatuh pada Jumat (21/4).

Menyikapi perbedaan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran tentang penyelenggaraan Hari Raya Idulfitri 1444 H. Salah satu poinnya berisi pesan untuk menjaga ukhuwah Islamiyah dalam menyikapi potensi perbedaan awal Syawal.

Polemik tentang penyelenggaraan ibadah salat Idulfitri sempat mencuat karena beberapa kepala daerah tidak mengizinkan fasilitas publik seperti lapangan digunakan oleh warga Muhammadiyah pada 21 April 2023.

Namun, polemik itu kini terselesaikan setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Agama dan Kemenkopolhukam menegaskan bahwa fasilitas publik boleh digunakan oleh semua golongan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi sikap pemerintah pusat yang mampu mengayomi semua golongan di tengah perbedaan penetapan 1 Syawal 1444 H.

"Saya pikir ini kemajuan menteri agama. Kami apresiasi tinggi dimana menunjukkan toleransi yang baik. Itulah yang semestinya dilakukan oleh pemerintah," ujar Haedar seusai melepas kontingen Gema Takbir Jogja 2023 di Halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Kamis malam (20/4).

Ia juga mengapresiasi pemerintah yang telah memberikan peluang bagi komponen umat Islam yang berbeda dalam merayakan lebaran untuk ikut menggunakan fasilitas publik.

"Pemerintah kami apresiasi karena mengayomi dan memberi peluang bagi yang berbeda untuk menggunakan fasilitas publik, sekaligus juga melakukan syiar," kata dia.

Di tengah polemik tentang penggunaan fasilitas publik untuk salat Idulfitri oleh warga Muhammadiyah, Haedar Nashir mengapresiasi sikap pemerintah pusat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News