UNY Merayakan Dies Natalis ke-59

Selasa, 23 Mei 2023 – 17:57 WIB
UNY Merayakan Dies Natalis ke-59  - JPNN.com Jogja
Sambutan GKR Mangkubumi dalam upacara Dies Natalis ke-59 UNY, Senin (22/5). Foto: Humas UNY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan upacara Dies Natalis ke-59 di Auditorium pada Senin (22/5).

Upacara tersebut dihadiri GKR Mangkubumi yang mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Dalam sambutannya, putri sulung Sri Sultan HB X itu mengatakan pembangunan yang membawa modernisasi dan industrialisasi akan menimbulkan pertumbuhan sosial, ekonomi dan budaya yang teramat cepat.

Ia mengatakan perubahan ini diperlukan rekayasa sosial-budaya dalam jangka panjang secara berencana dan hati-hati.

"Dalam hal ini perguruan tinggi adalah taman persemaian benih-benih kebudayaan bagi suatu bangsa. Usaha pembentuk kebudayaan bangsa itu mengutamakan Azas Tri-Kon, yakni kontinuitas, konvergensi, dan konsentrisitas,” katanya.

Menurutnya, tindak lanjut di lapangan pendidikan nantinya menjadi tanggung jawab dan kewajiban para pakar bidang pendidikan.

Lebih lanjut, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makariem mengatakan kehadiran kampus merdeka selama tiga tahun terakhir telah membawa perubahan signifikan pada cara-cara siswa belajar dan mencari pengalaman.

Dia mengeklaim 470.000 mahasiswa yang terlibat dalam program kampus merdeka mengatakan program belajar di luar kampus sangat membantu mereka dalam memasuki jenjang karier.

Upacara Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Yogyakarta turut dihadiri GKR Mangkubumi pada Senin (22/5).
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News