Warga Sleman Bisa Dapat Bantuan Pendidikan, Syaratnya...

Sabtu, 21 Oktober 2023 – 12:00 WIB
Warga Sleman Bisa Dapat Bantuan Pendidikan, Syaratnya... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Beasiswa pendidikan siswa SMP. Foto: dokumentasi Kemenkominfo

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkesempatan untuk mendapatkan bantuan pendidikan pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) atau yang sederajat.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman telah meluncurkan aplikasi "Silabadikdas SMP" untuk membantu keluarga miskin atau rentan miskin mendapatkan bantuan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman Ery Widayana mengatakan masyarakat yang memiliki anak peserta didik jenjang SMP sederajat baik negeri maupun swasta dapat mengajukan permohonan bantuan beasiswa pendidikan dasar secara daring mulai 16 hingga 21 Oktober 2023.

Syarat yang harus dipenuhi bagi calon penerima beasiswa pendidikan adalah memiliki Kartu Keluarga (C1) dan Kartu Keluarga Miskin (KKM) atau Kartu Keluarga Rentan Miskin (KKRM) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Ery menyatakan bahwa anak-anak yang terdaftar sebagai siswa SMP di Kabupaten Sleman dan belum menerima bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dipastikan dapat menerima beasiswa pendidikan sebesar Rp 750.000 setiap tahun jika persyaratan tersebut telah dipenuhi.

Menurut dia, pada 2023 Pemkab Sleman telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,1 miliar untuk 4.090 siswa SMP dan MTs yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

"Pemberian bantuan pendidikan dasar kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin ini sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelayanan pendidikan dan program penanggulangan kemiskinan," ucap dia.

Ery menyatakan bahwa beban pengeluaran pendidikan akan dikurangi dengan memberikan bantuan beasiswa pendidikan dasar kepada keluarga miskin atau rentan miskin secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Warga Sleman yang kurang mampu bisa mendapatkan bantuan pendidikan pada jenjang SMP sederajat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News