Dishub DIY Akan Permudah Akses Trans Jogja ke Malioboro

Rabu, 25 Oktober 2023 – 19:03 WIB
Dishub DIY Akan Permudah Akses Trans Jogja ke Malioboro - JPNN.com Jogja
Bus Trans Jogja. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Setelah Malioboro ditetapkan sebagai kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ingin masyarakat dan wisatawan berkunjung ke sana menggunakan transportasi umum, yaitu Trans Jogja.

Dinas Perhubungan (Dishub) DIY berjanji akan mempermudah akses Trans Jogja yang akan menuju ke kawasan Malioboro.

"Gunakanlah bus Trans Jogja untuk menuju Malioboro. Kami sudah dan akan coba fasilitasi (halte) dari semua akses untuk menuju ke Sumbu Filosofi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DIY Sumaryoto, Rabu (25/10).

Dia mengatakan bahwa untuk mengurangi emisi karbon dan kemacetan di sekitar Sumbu Filosofi, masyarakat dan pengunjung harus bekerja sama menggunakan transportasi umum.

Dia menyatakan bahwa Sumbu Filosofi Yogyakarta telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dengan konsep kawasan emisi rendah, khususnya di sekitar Malioboro.

Sumaryoto mengatakan bahwa Dishub DIY sedang berusaha membangun halte bus Trans Jogja di berbagai titik menuju Malioboro.

“Dari arah timur, utara, selatan, barat, sudah kami upayakan, mohon dimanfaatkan,” katanya.

Dia mengatakan bahwa untuk mewujudkan kawasan Sumbu Filosofi dengan emisi yang rendah, Malioboro direncanakan menjadi kawasan penuh pedestrian atau khusus pejalan kaki dan Bus Trans Jogja.

Pemerintah DIY ingin warga Jogja dan wisatawan yang berkunjung ke Malioboro lebih memilih menggunakan Trans Jogja ketimbang kendaraan pribadi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia