Harga Cabai di Jogja Mulai Naik, Begini Imbauan Disdagin

Selasa, 31 Oktober 2023 – 20:01 WIB
Harga Cabai di Jogja Mulai Naik, Begini Imbauan Disdagin - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Cabai di Kulon Progo melimpah. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Harga cabai di sejumlah pasar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai naik melebihi harga acuan Badan Pangan Nasional.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Kulon Progo mencatat harga cabai merah keriting di daerah itu saat ini menyentuh harga Rp 47 ribu per kilogram, sementara harga acuannya adalah Rp 37-55 ribu per kg.

Sedangkan harga cabai rawit merah saat ini mencapai Rp 70 ribu per kg dengan harga acuan Rp 40 ribu - Rp 57 ribu dengan harga rata-rata sekarang .

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Disdagin Kulon Progo Endang Zulywanti meminta masyarakat untuk lebih bijak saat membeli cabai.

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam membeli cabai di pasaran, kalau bisa memilih harga yang lebih murah," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga cabai di pasar disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya gagal panen.

"Karena stok lebih sedikit dibandingkan permintaan," katanya.

Salah satu pedagang di Pasar Wates Iin mengatakan sejak akhir September hingga Oktober 2023 ini, harga tertinggi terjadi pada jenis cabai rawit merah di kisaran Rp 70 ribu per kilogram.

Harga cabai di Jogja mengalami kenaikan melebih harga acuan yang sudah ditetapkan. Disdagin minta masyarakat lebih bijak dalam membelu cabai.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia