Peta Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Sleman

Kamis, 09 November 2023 – 19:02 WIB
Peta Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Sleman - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bencana hidrometeologi di Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seluruh unit operasional penanggulangan bencana di masing-masing kecamatan di Kabupaten Sleman, DIY, sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi musim hujan.

Saat musim hujan biasanya terjadi berbagai macam bencana hidrometeorologi, seperti banjir, hujan lebat, dan tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan mengatakan seluruh unit opsnal penanggulangan bencana telah siap menghadapi potensi bencana hidrometeorologi musim hujan tahun ini, bahkan hingga tingkat kelurahan di Sleman.

"Anggaran penanggulangan bencana saat ini juga sudah siap. Selain itu, kesiapan personel opsnal," kata dia.

Selain dari BPBD, sukarelawan dari Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Sleman juga akan bersiaga saat terjadi bencana.

"Selain itu, tidak ada masalah dengan anggaran. Jika anggaran tidak mencukupi, masih ada alokasi anggaran tak terduga yang dapat kami optimalkan," ujar dia.

Menurutnya, Kabupaten Sleman memiliki geografis yang rawan bencana dengan tujuh potensi bencana.

Beberapa bencana yang kerap terjadi di Sleman, seperti erupsi Gunung Merapi, banjir lahar hujan, gempa, angin kencang/puting beliung, tanah longsor, banjir, dan genangan air.

Kabupaten Sleman, DIY, merupakan salah satu daerah yang rawan dilanda bencana hindrometeorologi saat musim hujan. Begini pemetaannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News