Begini Prediksi BI Soal Pertumbuhan Ekonomi DIY pada 2024

Kamis, 30 November 2023 – 21:05 WIB
Begini Prediksi BI Soal Pertumbuhan Ekonomi DIY pada 2024 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pertumbuhan ekonomi di Jogja. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pertumbuhan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun depan diprediksi akan tetap positif.

Hal itu disampaikan oleh Plh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY Heru Saptaji melalui keterangan resminya pada Kamis (30/11).

Menurut Heru, pertumbuhan ekonomi DIY 2024 positif karena inflasi yang diprediksi akan tetap melandai.

"Faktor pendorong utamanya yakni permintaan domestik yang masih terjaga, momentum pemilu serentak, serta berlanjutnya pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN)," kata Heru.

Memandang potensi dan risiko ekonomi yang dihadapi DIY ke depan, Heru meyakini perekonomian DIY pada 2024 bakal tumbuh positif pada kisaran 4,8-5,6 persen (year on year/yoy).

Kondisi tersebut melanjutkan pertumbuhan positif ekonomi DIY pada akhir 2023 yang diproyeksikan tetap resilien pada rentang 4,6-5,4 persen (yoy), didukung permintaan domestik yang masih terjaga.

Dari sisi inflasi, hingga akhir tahun 2023 diperkirakan masih berada dalam sasaran target inflasi Bank Indonesia pada kisaran 2,00-4,00 persen (yoy).

Pertumbuhan positif tersebut, menurut dia, tidak lepas dari berbagai program kolaborasi pentahelix BI DIY dengan berbagai pihak mulai dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) bersama TPID DIY, akselerasi dan perluasan digitalisasi sistem pembayaran pada berbagai sektor dan komunitas strategis, penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF), hingga upaya mendorong UMKM naik kelas.

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi di DIY pada 2024 akan tetap positif. Ini sebabnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia