BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi DIY di Atas 5 Persen pada Triwulan I 2023

Minggu, 07 Mei 2023 – 10:15 WIB
BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi DIY di Atas 5 Persen pada Triwulan I 2023 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pertumbuhan ekonomi di DIY. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut bahwa  pekonomi di Jogja tumbuh di atas lima persen pada triwulan I 2023.

DIY menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Jawa, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berturut-turut 4,96 persen (yoy) dan 5,03 persen (yoy).

Kepala KPw BI DIY Budiharto Setyawan mengatakan perlu beberapa akselerasi untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di DIY pada triwulan II 2023.

"Kami memperkirakan akselerasi pertumbuhan ekonomi DIY masih akan berlanjut di triwulan Il dan secara keseluruhan berada pada kisaran 4,6-5,4 persen (yoy)," kata dia melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Minggu (6/5).

Berkaitan dengan perkiraan tersebut, menurut dia, beberapa risiko yang perlu memperoleh perhatian, di antaranya progres pembangunan proyek strategis nasional (PSN), dinamika perekonomian global, serta risiko El-Nino terhadap inflasi dan penurunan produksi pertanian.

"Berkaitan dengan hal tersebut, kolaborasi, inovasi, dan sinergi di antara para pihak perlu terus diperkuat guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi DIY," ucap dia.

Dari sisi pengeluaran, kata dia, pertumbuhan ekonomi DIY ditopang oleh menguatnya kinerja konsumsi rumah tangga sebesar 4,77 persen (yoy), yang mampu tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Peningkatan konsumsi rumah tangga ini juga di atas rata-rata pertumbuhan tiga tahun terakhir," ujar dia.

Bank Indonesia kantor perwakilan DIY menyebut telah terjadi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen pada triwulan I 2023.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia