Petisi Bulaksumur UGM: Jokowi Menyimpang dari Prinsip Moral Demokrasi

Kamis, 01 Februari 2024 – 18:08 WIB
Petisi Bulaksumur UGM: Jokowi Menyimpang dari Prinsip Moral Demokrasi - JPNN.com Jogja
Baliho bergambar presiden Joko Widodo atau Jokowi di depan pintu masuk UGM. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Civitas academica Universitas Gadjah Mada (UGM) menyampaikan keprihatinannya soal dinamika perpolitikan saat ini.

Guru besar, dosen dan mahasiswa UGM membacakan petisi Bulaksumur pada Rabu (31/1).

Prof Koentjoro mewakili civitas academica UGM membacakan petisi Bulaksumur dengan mata yang berkaca-kaca.

Isi petisi Bulaksumur menyebut begitu prihatin dengan penyelenggara negara yang menyimpang dari prinsip-prinsip moral demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial. 

"Kami menyesalkan tindakan-tindakan menyimpang yang justru terjadi dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga merupakan bagian dari keluarga besar UGM," kata Prof Koentjoro.

Mereka menginginkan Jokowi agar berpegang pada jati diri UGM yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dengan turut memperkuat demokratisasi.

"Tindakan Presiden Jokowi justru menunjukkan bentuk-bentuk penyimpangan pada prinsip-prinsip dan moral demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial yang merupakan esensi dari nilai-nilai Pancasila," katanya. 

Melalui petisi ini, civitas academica UGM mendesak Jokowi dan orang-orang di belakangnya agar segera kembali pada koridor demokrasi.

Civitas academica UGM menyatakan sikap lewat petisi Bulaksumur. Mereka menilai Jokowi telah menyimpang dari prinsip moral demokrasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia