Kampus Jogja Menggugat, Begini Seruan Mereka

Rabu, 13 Maret 2024 – 14:45 WIB
Kampus Jogja Menggugat, Begini Seruan Mereka - JPNN.com Jogja
Civitas academica berkumpul di Balairung, Universitas Gadjah Mada untuk bersuara terkait kegelisahan mereka, Selasa (12/3). Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Civitas academica Universitas Gadjah Mada (UGM) dan perguruan tinggi di Yogyakarta menggelar acara bertajuk Kampus Menggugat pada Selasa (12/3).

Pernyataan sikap kampus-kampus Jogja ini sebagai respons terhadap kondisi demokrasi di tanah air.

Mereka menganggap bahwa selama lima tahun belakangan ini etika dan konstitusi terkoyak karena ulah elit pemerintah itu sendiri.

Dalam pernyataan sikapnya yang dibacakan Prof Budi Setiyadi Daryono, mereka menyerukan agar kampus sebagai benteng etika menjadi lembaga ilmiah indenpenden yang memiliki kebebasan akademik penuh untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyuarakan kebenaran berbasis fakta, nalar dan penelitian ilmiah.

Kemudian, masyarakat sipil didorong untuk tetap kritis mengawal jalannya pemerintahan dan tak henti memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Sebagai akademisi yang memahami hak dan tanggung jawab konstitusional, kami mengetuk nurani segenap elemen masyarakat untuk bersinergi membangun kembali etika dan norma yang terkoyak dan mengembalikan marwah konstitusi yang dilanggar," katanya.

Dalam pernyataan sikapnya civitas academica juga menuntut agar pemegang kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi secara substansial dan menjunjung tinggi amanah konstitusi dalam menjalankan kekuasaan.

Selain itu, mereka menyerukan penegakkan supremasi hukum dan memberantas segala macam bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) tanpa mentolerir pelanggaran hukum, etika dan moral dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. (mcr25/jpnn)

Civitas academica perguruan tinggi Yogyakarta bersuara merespons kondisi negara saat ini.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia