Mahasiswa Asal Vietnam Lulus Cumlaude di Fisipol UGM, Begini Kisahnya

Kamis, 30 Mei 2024 – 11:30 WIB
Mahasiswa Asal Vietnam Lulus Cumlaude di Fisipol UGM, Begini Kisahnya - JPNN.com Jogja
Mahasiswa asal Vietnam Vu Minh Anh. Foto: Humas UGM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ada yang tak biasa dalam prosesi wisuda Universitas Gadjah Mada (UGM) di Grha Sabha Pramana pada Rabu (22/5). Seorang perempuan asal Vietnam, Vu Minh Anh, naik ke atas podium dengan predikat cumlaude S1 jalur International Undergraduate Programs (IUP) International Relations, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Vu Minh mengaku senang dan bangga bisa menyelesaikan pendidikan sarjananya di UGM. Terlebih lagi, Vu Minh merasa bahwa kuliah di Indonesia adalah keputusan terbesar dalam hidupnya.

Vu Minh mengaku sempat kesulitan beradaptasi dengan bahasa dan budaya Indonesia. Namun, dia selalu menemukan teman lintas negara yang bisa mendukung satu sama lain.

“Saya merasa senang ini menjadi salah satu pencapaian di hidup saya,” ujar Vu Minh, dikutip dari laman resmi UGM.

Vu Min bercerita bagaimana dia bisa memutuskan kuliah di UGM. Awalnya, dia mendapat informasi tentang UGM dari kerabat keluarganya yang pernah tinggal dan bekerja di Indonesia selama beberapa tahun.

"UGM menjadi universitas yang direkomendasikan karena dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik indonesia yang sering membuka program beasiswa,” kata Vu Minh menirukan salah satu anggota keluarganya.

Selanjutnya, Vu Minh mencari informasi tentang beasiswa UGM. Ia pun ikut mendaftar dan akhirnya diterima di jalur IUP prodi Hubungan Internasional melalui beasiswa Fisipol UGM ASEAN+1 Scholarship Programs (FIAS).

“Waktu itu saya melihat tawaran meliputi pembiayaan penuh pendidikan, uang saku bulanan, dan studi kultural. Jadi, saya memutuskan untuk mengambil kesempatan itu,” ucapnya.

Seorang perempuan asal Vietnam, Vu Minh Anh, berhasil lulus dari Fisipol UGM dengan predikan cumlaude. Bagaimana kisahnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia