Peringkat Terbaru UGM Versi QS World University Ranking

Rabu, 05 Juni 2024 – 13:59 WIB
Peringkat Terbaru UGM Versi QS World University Ranking - JPNN.com Jogja
Kampus Universitas Gadjah Mada atau UGM. Foto: Humas UGM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2025 telah merilis daftar peringkat universitas di seluruh dunia.

Di Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat 239. Naik 24 peringkat dari tahun lalu. Peringkat itu membuat UGM menjadi kampus terdepan di Indonesia.

Rektor UGM Prof Ova Emilia mengaku gembira dengan capaian itu. Menurut dia, nilai baik yang diberikan oleh QS World University Ranking bisa menjadi pelecut semangat agar lebih baik lagi ke depannya.

Menurut Ova, ranking dunia merupakan cerminan bagaimana proses belajar mengajar di suatu kampus.

Rektor menegaskan UGM akan selalu meningkatkan proses perbaikan pembelajarannya dan mengarahkan agar UGM selalu berpedoman pada pencapaian misi untuk menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas (SPRMU) UGM Prof Indra Wijaya Kusuma menuturkan kenaikan peringkat UGM ditopang dari sisi peningkatan reputasi akademik yang berada pada posisi 145 dunia, meningkat dari sebelumnya di posisi 152 dunia.

"Di posisi ini UGM masih menjadi terdepan di Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, keberhasilan peningkatan reputasi akademik tersebut mencerminkan pengakuan dunia akademik terhadap UGM.

QS World University Ranking telah mengeluarkan peringkat terbaru kampus di seluruh dunia. Sebegini nilai yang didapat oleh UGM.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News