Peringkat Baru FKG UGM Versi WURI, Kategori Kewirausahaan Mengungguli Harvard

Senin, 10 Juni 2024 – 15:05 WIB
Peringkat Baru FKG UGM Versi WURI, Kategori Kewirausahaan Mengungguli Harvard - JPNN.com Jogja
Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Foto: Humas UGM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam 50 besar yang terbaik versi lembaga pemeringkat universitas dunia untuk inovasi atau the World’s Universities with Real Impact (WURI) Ranking 2024.

Pada kategori semangat kewirausahaan, FKG UGM berada di posisi 6 dunia, mengungguli bidang ilmu kedokteran gigi Harvard University yang berada di peringkat 12 dan University of Oxford di peringkat 13.

Dekan FKG UGM Prof Suryono mengatakan pencapaian itu menunjukkan bahwa FKG UGM senantiasa berinovasi, khususnya di bidang pengabdian masyarakat.

“Kebanyakan hanya mengandalkan pendidikan dan penelitian dan mereka kuat dalam bidang itu. Dari situlah kami berpikir berkompetisi dalam area yang berhubungan dengan pengabdian bidang kewirausahaan, etika, keterbukaan, dan tanggung jawab sosial,” ujar Suryono, dukutip dari laman resmi UGM.

Pada beberapa aspek penilaian di sistem ranking WURI, FKG UGM mengungguli beberapa universtias ternama di dunia. Misalnya di indikator tanggung jawab sosial yang menempati peringkat 9 dunia, melampaui New York University yang berada di peringkat 12. Peringkat ini menyoroti peran signifikan Fakultas dalam masyarakat melalui pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi.

Sedangkan pada indikator mobilitas dan keterbukaan mahasiswa, FKG UGM berada di peringkat 27 dunia mengungguli Tokyo International University yang berada di peringkat 38 dunia.

“Prestasi ini menegaskan keberhasilan fakultas dalam mempersiapkan lulusannya menjadi profesional yang inovatif dan berorientasi pada solusi. Inovasi yang dilakukan adalah pendampingan yang terus ditekuni hingga mahasiswa lulus dan usaha tersebut berkembang menjadi salah satu UMKM yang menyediakan merchandise kedokteran gigi,” ujar Suryono.

Menurut dia, FKG UGM juga kuat dalam jaringan internasional. Misalnya, ada Program Kursus Musim Panas yang melibatkan 10 co-organizer, sister school FKG UGM di luar negeri dengan konsep sharing beban dan sharing capaian. Selain itu, FKG UGM juga memiliki program pengabdian lainnya berupa edukasi kesehatan gigi.

Fakultan Kedokteran Gigi UGM masuk dalam top 50 dunia versi WURI Ranking 2024. Pada satu aspek bahkan melampaui capaian fakultas kedokteran gigi Harvard.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia