Yang Harus Dilakukan untuk Menurunkan Harga Tiket Pesawat

Rabu, 07 Agustus 2024 – 17:00 WIB
Yang Harus Dilakukan untuk Menurunkan Harga Tiket Pesawat - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Harga tiket pesawat. Foto: ANTARA/Ahmad Wijaya.

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Harga tiket pesawat di Indonesia menjadi yang termahal di Asia Tenggara dan termahal nomor dua di dunia.

Pascapandemi Covid-19, tarif tiket pesawat untuk penerbangan domestik di Indonesia cukup tinggi dan belum menunjukkan adanya penurunan yang signifikan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bahkan menyoroti maskapai penerbangan yang masih memberlakukan harga tiket pesawat yang mahal.

Ahli Ekonomi Transportasi sekaligus peneliti senior Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwi Ardianta Kurniawan mengatakan ada beberapa kebijakan fiskal yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasi mahalnya harga tiket pesawat domestik.

Beberapa kebijakan fiskal yang perlu dilakukan, antara lain di sektor biaya avtur, suku cadang pesawat udara, subsidi dari penyedia jasa bandar udara terhadap biaya pelayanan jasa pendaratan, penempatan dan penyimpanan pesawat udara (PJP4U), ground handling throughput fee, serta insentif terhadap biaya operasi langsung, seperti pajak biaya bahan bakar minyak dan pajak biaya suku cadang dalam rangka biaya overhaul atau pemeliharaan.

Dwi mengatakan pemerintah bisa juga menghapus pajak tiket pesawat sehingga ada kesetaraan dengan moda transportasi lainnya.

“Menghilangkan konstanta dalam formula perhitungan avtur. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara”, kata Dwi pada Selasa (6/8) .

Selain melakukan kebijakan fiskal, Dwi mengatakan pemerintah perlu melaksanakan usulan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait sistem multi provider yang tidak monopoli untuk suplai avtur.

Pakar penerbangan UGM mengusulkan beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News