Siap-Siap, Parkiran Liar di Yogyakarta Akan Ditertibkan

Minggu, 13 Februari 2022 – 19:08 WIB
Siap-Siap, Parkiran Liar di Yogyakarta Akan Ditertibkan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bus pariwisata Foto: Dokumentasi Dishub DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta sepertinya sudah kehabisan kesabaran dalam menghadapi tempat-tempat parkir liar yang tidak menerapkan protokol kesehatan. 

Keberadaan parkiran liar di Yogyakarta membuat banyak bus pariwisata tidak mengikuti mekanisme screening di Terminal Giwangan.

“Tempat-tempat parkir liar akan kami tertibkan karena berpotensi terjadi kerumunan, terlebih tidak ada pengecekan kesehatan untuk mengaksesnya,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Minggu (13/2).

Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta hingga saat ini masih menerapkan kebijakan “one gate system” yang mewajibkan seluruh bus pariwisata untuk melakukan pemeriksaan dokumen vaksinasi wisatawan di Terminal Giwangan.

Jika dinyatakan lolos pemeriksaan dokumen vaksinasi, katanya, bus pariwisata diizinkan masuk ke Kota Yogyakarta dan mengakses salah satu tempat khusus parkir (TKP) di seputar Malioboro, seperti TKB Abu Bakar Ali, Senopati, dan Ngabean.

Bus yang dinyatakan tidak lolos pemeriksaan dokumen vaksinasi untuk rombongan wisatawan, ujar dia, maka tidak akan diizinkan masuk ke Kota Yogyakarta dan otomatis tidak diizinkan mengakses salah satu TKP resmi.

“Tempat parkir liar tentunya tidak menerapkan syarat lolos pemeriksaan dokumen vaksinasi di Terminal Giwangan. Tentunya, kondisi ini sangat berisiko terjadi penularan,” katanya.

Selain wisatawan yang tidak menjalani pemeriksaan dokumen vaksinasi, lanjut Heroe, di tempat parkir liar berpotensi muncul pedagang dadakan yang akan semakin menambah potensi kerumunan.

Pemerintah Kota Yogyakarta akan menertibkan parkiran liar yang menjadi tempat pelarian bus pariwisata karena tidak taat Prokes.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia