Keluhan Para Pemilik Toko di Malioboro Setelah PKL Pindah

Selasa, 15 Februari 2022 – 19:30 WIB
Keluhan Para Pemilik Toko di Malioboro Setelah PKL Pindah - JPNN.com Jogja
PKL Malioboro (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Setelah pedagang kali lima (PKL) pindah ke Teras Malioboro 1 dan 2, kawasan pedestrian menjadi sangat luas dan lengang.

Koordinator Lapangan Perkumpulan Pengusaha Malioboro-Ahmad Yani (PPMAY) KRT Karyanto Purbohusodo mengatakan bahwa penataan PKL Malioboro memberikan dampak yang baik terhadap kondisi kawasan Malioboro.

Menurut dia, pedestrian terlihat semakin lapang dan pejalan kaki bisa berjalan dengan lebih nyaman.

Hanya saja, saat ini ada keluhan dari pemilik toko karena banyak pengguna skuter listrik yang melintas di jalur pedestrian tersebut.

Menurut Karyanto, keberadaan skuter listrik cukup mengganggu pejalan kaki.

"Sekarang ini, banyak yang bermain otoped listrik dan melintas di sepanjang lorong. Kegiatan ini bisa membahayakan orang. Takutnya, menabrak orang yang melintas. Apalagi, kalau sore hari banyak pengunjung yang berjalan-jalan," katanya, Selasa (15/2).

Selain itu, lorong toko di Malioboro juga dilintasi pengguna sepeda bahkan digunakan sebagai parkir becak saat malam hari.

Terkait omzet, sampai saat ini belum menunjukkan dampak yang signifikan setelah ditinggal PKL.

"Februari hingga Maret adalah low season. Wisatawan yang datang tidak sebanyak bulan-bulan lainnya," ujar dia.

Terlepas dari keluhan tersebut, para pemilik toko di kawasan Jalan Malioboro mengaku siap membantu program pemerintah daerah yang ingin memperindah kawasan tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan akan segera melakukan pembenahan di kawasan Malioboro agar semakin tertata dengan baik, terlihat bersih dan rapi sehingga wisatawan yang datang akan merasa semakin nyaman.

Salah satu penataan yang akan dilakukan adalah mengecat bangunan di sepanjang Jalan Malioboro dengan warna yang seragam, putih.

"Kebersihan dan keindahan juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari atraksi wisata. Eksotisme Malioboro yang berpadu dengan kebersihan dan keindahan tentu menjadikan kawasan ini semakin menarik dikunjungi," kata Haryadi beberapa hari yang lalu. (Ant/mar3/jpnn)

Setelah PKL Malioboro pindah ke Teras Malioboro 1 dan 2, para pedagang atau pemilik toko di sepanjang jalan Malioboro memiliki keluhan lainnya. Apa itu?

Redaktur & Reporter : Januardi Husin

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia