2 Armada BPBD Yogyakarta Meluncur ke Gunung Semeru, Bawa Apa Saja?

Kamis, 09 Desember 2021 – 13:33 WIB
2 Armada BPBD Yogyakarta Meluncur ke Gunung Semeru, Bawa Apa Saja? - JPNN.com Jogja
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi melepas tim BPBD Yogyakarta ke Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. (Foto: dok. Pemkot Yogyakarta)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menyikapi bencana erupsi Gunung Semeru yang masih terjadi sampai saat ini, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta diterjunkan ke sana untuk mengirim bantuan logistik.

Keberangkatan tim BPBD Yogyakarta dilepas secara langsung oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada Rabu (8/12).

Dua armada roda empat tim BPBD Yogyakarta berangkat ke Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, dengan membawa perlengkapan logsitik seperti 20.000 masker, 4.000 botol hand sanitizer, 576 sabun mandi, dan 100 pasang sepatu bot.

“Ini adalah bagian dari empati dan kepedulian kami, Pemkot Yogyakarta dan masyarakat Yogya, untuk membantu masyarakat Lumajang yang menghadapi bencana erupsi Gunung Semeru,” kata Heroe Poerwadi.

Heroe menyampaikan, bantuan yang dikirimkan itu adalah bantuan yang sifatnya pasti dibutuhkan saat pandemi dan untuk menghadapi dampak debu atau abu erupsi Gunung Semeru.

“Sampai saat ini erupsi Gunung Semeru masih berjalan karena belum sampai pada titik akhir. Makanya bantuan yang paling banyak kami kirimkan adalah masker karena pasti dibutuhkan,” tambahnya.

Sebanyak empat personel Tim BPBD Kota Yogyakarta yang mengirimkan bantuan ke Lumajang juga akan melakukan penjajakan untuk melihat persoalan dan potensi lain akibat bencana erupsi Gunung Semeru.

“Sebagian masyarakat juga memberikan bantuan. Misalnya PMI Kota Yogyakarta bersama PMI DIY juga sudah ke sana. Maka Tim BPBD Kota Yogyakarta sekaligus menjajaki potensi bantuan lain atau apakah perlu mengirim tim evakuasi, karena belum tahu kondisi di sana secara nyata,” jelas Heroe.

Tim BPBD Kota Yogyakarta meluncur ke Gunung Semeru, Lumajang, Jawa TImur, untuk membawa logistik yang diperlukan oleh masyarakat terdampak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News