Asyik, ASN Boleh WFH Pekan Depan, Tujuannya...

Sabtu, 07 Mei 2022 – 20:15 WIB
Asyik, ASN Boleh WFH Pekan Depan, Tujuannya... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - ASN boleh WFH pekan depan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapat kelonggaran untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH pada pekan depan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Wacana tentang penerapan WFH untuk ASN semula diusulkan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Kapolri, jika ASN WFH selama sepekan, akan sangat membantu mengurangi kemacetan akibat arus balik Lebaran 2022.

Tjahjo menyetujui usulan tersebut dan menyarankan instansi pemerintahan agar mengatur jadwal WFH bagi seluruh ASN selama sepekan mulai Senin (9/5).

"Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan," kata Tjahjo.

Kendati demikian, Menpan RB meminta penerapan WFH tidak mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain karena kini telah ada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Selain itu, tambah Tjahjo, penerapan WFH selama sepekan setelah cuti Lebaran 2022 juga dapat diterapkan sebagai upaya isolasi mandiri (isoman) bagi para ASN setelah pulang dari kampung halaman bertemu dengan keluarga.

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengizinkan seluruh ASN Untuk menerapkan WFH selama satu pekan agar bisa membantu mengurangi kepadatan lalu lintas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News