Siapa Ratu Kalinyamat yang Diusulkan jadi Pahlawan Nasional? Kekuasaannya Disebut Setara dengan AS

Minggu, 05 Juni 2022 – 20:35 WIB
Siapa Ratu Kalinyamat yang Diusulkan jadi Pahlawan Nasional? Kekuasaannya Disebut Setara dengan AS - JPNN.com Jogja
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat salah satu inisiator Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Jawa Tengah saat ini sedang mengusulkan agar Ratu Kalinyamat diberikan gelar sebagai pahlawan nasional.

Perempuan yang pernah berkuasa di Jepara, Jawa Tengah itu dianggap memiliki sumbangsih yang sangat besar dalam membendung pasukan Portugis pada masa penjajahan.

Salah satu inisiator usulan tersebut adalah Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

Saat berkunjung ke acara pergelaran wayang kulit dengan lakon Rainha De Japora atau Ratu Kalinyamat di Ndalem Yudhanegaran, Yogyakarta pada Sabtu malam (4/6) Lestari menjelaskan apa saja sumbangsih Ratu Kalinyamat terhadap Indonesia atau kawasan Nusantara.

"Hari ini Gubernur Jawa Tengah sudah mengajukan kepada pemerintah agar Ratu Kalinyamat mendapatkan gelar pahlawan nasional. Tinggal di pemerintahlah sekarang keputusannya," ujar Lestari.

Lestari memastikan berbagai bukti primer telah dihimpun dan berhasil menguatkan keberadaan dan peran ratu dari Jepara, Jawa Tengah itu.

Selain itu, ujar dia, tim ahli yang melibatkan para guru besar dan sejarawan juga telah melakukan kajian selama empat tahun hingga merampungkan naskah akademik terkait pengusulan tersebut.

"Kami sudah berhasil menemukan data sejarah dari Portugis yang kemudian membuat naskah akademik ini selesai dan siap dipertanggungjawabkan," ujar dia.

Pemda Jawa tengah sedang mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Siapa Ratu Kalinyamat? Apa sumbangsihnya terhadapa Indonesia?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News