Elektabilitas 3 Pasangan Capres Menurut Akar Rumput, Ganjar-Erick Memimpin

Kamis, 21 Juli 2022 – 10:22 WIB
Elektabilitas 3 Pasangan Capres Menurut Akar Rumput, Ganjar-Erick Memimpin - JPNN.com Jogja
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satu capres dengan elektabilitas tertinggi. Foto: Dok tim media Ganjar.

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menjelang kontestasi Pemilihan Presiden 2024, berbagai lembaga survei menggelar jejak pendapat untuk melihat elektabilitas setiap capres.

Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) mencoba untuk melihat kemungkinan eletabilitas tiga pasangan capres yang mencuat akhir-akhir ini.

Tiga pasangan capres diambil dari tujuh tokoh nasional, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Perekonomian Arilangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Peneliti ARSC Bagus Balghi mengatakan pasangan capres/cawapres Ganjar Pranowo-Erick Thohir memiliki eletabilitas tertinggi, yaitu mencapai 35,8 persen.

Diikuti oleh pasangan capres Anies Baswedan-Airlangga Hartarto 25,1persen dan Prabowo Subianto-Puan Maharani 10,4 persen.

Jika pasangan capres diubah, elektabilitas yang didapat adalah 29,6 persen untuk pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo, 18,4 persen untuk pasangan Prabowo subianto-Muhaimin Iskandar , dan 8,7 persen untuk Puan Maharani-Anies Baswedan .

“Kombinasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dinilai publik ideal adalah sosok ketua umum/pimpinan partai politik dan sosok populer. Inilah maksud dari Otoritas didukung oleh popularitas,” ujar Bagus.

Dia mengatakan dalam survei ini jumlah sampel 1.225 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019.

Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) mengukur eletabilitas tiga pasangan capres. Hasilnya, Ganjar-Erick paling tinggi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News