Mahfud MD dan Menlu Retno Marsudi ke UGM, Bawa Kabar Soal Demokrasi Indonesia

Minggu, 28 Agustus 2022 – 13:05 WIB
Mahfud MD dan Menlu Retno Marsudi ke UGM, Bawa Kabar Soal Demokrasi Indonesia - JPNN.com Jogja
Menkopolhukam Mahfud MD. ANTARA/HO-Humas Kemenko Polhukam RI.

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mohammad Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi hadir di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Sabtu (27/8).

Keduanya menjadi pembicara dalam seminar nasional bertajuk “Menuju Demokrasi Berkualitas: Tantangan dan Agenda Aksi” yang berlangsung di Balai Senat UGM.

Pada kesempatan itu, Menlu Retno Marsudi mengungkapkan kondisi demokrasi di dunia yang mendapat tantangan besar dengan adanya pandemi Covid-19.

Menurut dia, sistem demokrasi masih menjadi pilihan mayoritas masyarakat dunia berdasarkan Democracy Perception Index.

Sebanyak 84 persen responden global masih memilih demokrasi untuk negaranya.

“Demokrasi di tingkat global mengalami berbagai tantangan, tetapi kepercayaan masyarakat dunia masih tetap tinggi,” kata Retno.

Retno mengatakan bahwa berbagai penelitian menyatakan bahwa demokrasi global mengalami penurunan beberapa tahun terakhir.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab kemunduran nilai demokrasi adalah pandemi Covid-19, kebebasan media, supremasi hukum, dan diskriminasi terhadap imigran.

Menkopolhukam Mahfud MD dan Menlu Retno Marsudi menjadi pembicara dalam seminar nasional di UGM. Keduanya membawa kabar tentang kondisi demokrasi di Indonesia.
Sumber ugm.ac.id
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News