Ini 2 TPS Khusus di Kulon Progo

Selasa, 28 Maret 2023 – 12:06 WIB
Ini 2 TPS Khusus di Kulon Progo - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - TPS Khusus untuk Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Pada Pemilu 2024 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo akan membuka dua tempat pemungutan suara (TPS) khusus.

TPS khusus adalah tempat pemungutan suara yang dibuka untuk memfasilitasi calon pemilih yang berada di satu lokasi tertentu dengan identitas yang beragam, seperti di rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan, kampus dan pondok pesantren.

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kulon Progo Yayan Mulyana mengatakan lembaganya sudah memastikan bahwa akan ada dua TPS Khusus, yaitu di Rumah Tahanan Kelas II B Wates dan Pondok Pesantren Nurul Haromaian Tuksono.

"Kami mengajukan penambahan dua TPS lokasi khusus di Rumah Tahanan Kelas II B Wates dan Pondok Pesantren Nurul Haromaian Tuksono kepada KPU RI. Dua TPS lokasi khusus telah disetujui sehingga total TPS Pemilu 2024 di Kulon Progo sebanyak 1.302 titik," kata Yayan.

Ia mengatakan awalnya KPU Kulon Progo sudah melakukan sosialisasi di instansi yang berpotensi menjadi TPS lokasi khusus, seperti di Bandara Internasional Yogyakarta, UNY Wates, dan RSUD Wates. Namun, setelah dilakukan pemetaan ternyata pemilihnya kurang dari 20 orang.

Sedangkan di Rutan Kelas IIB Wates disetujui karena kapasitas rutan 93 warga binaan dan akan ditambah dengan pegawai rutan sehingga bisa mencapai 100 pemilih.

Kemudian, di Ponpes Nurul Haromaian Tuksono jumlahnya lebih dari 100 pemilih sehingga sudah sesuai dengan persyaratan pendirian TPS khusus.

"Alasan disetujuinya Ponpes Nurul Haromaian dan Rutan Kelas IIB Wates karena elemen data sudah lengkap dan jumlah pemilih lebih dari 100 orang, kecuali lapas atau rutan. Sedangkan untuk UNY Wates, data calon pemilih di TPS lokasi khusus kurang dari 20 pemilih sehingga tidak bisa diajukan," katanya.

KPU Kulon Progo telah mengajukan dua TPS khusus yang akan dibuka saat Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia