2 TPS di Sleman Akan Dipindah

Selasa, 19 Desember 2023 – 09:37 WIB
2 TPS di Sleman Akan Dipindah - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - TPS Khusus untuk Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dua tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dipindah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Divisi Perencanaan, data, dan informasi KPU DIY Zaenuri Ikhsan mengatakan pemindahan dua TPS di Sleman karena di sana termasuk dalam zona blank spot atau kawasan tak terjangkau jaringan internet.

Dua TPS di Sleman yang akan dipindah berada di Kecamatan Cangkringan. Terkait rencana pemindahan itu, kata Zaenuri, KPU DIY masih akan mengecek lokasi berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Sleman karena berkaitan dengan daftar pemilih tetap (DPT) di dua TPS itu.

"Kami belum cek lokasi sehingga agak susah memberikan catatan. Kalau ada kasus seperti ini harus cek lapangan untuk memutuskan," ujar dia.

Zaenuri mengakui sambungan internet menjadi salah satu aspek krusial yang harus dipenuhi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, salah satunya untuk pengiriman data rekapitulasi suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) secara daring.

Meski Sirekap dapat pula dioperasikan dengan mode offline atau luar jaringan, kata dia, masih ada dua pekerjaan lain yang memerlukan konseksi internet yakni pengecekan data pemilih tetap (DPT) dan layanan pengecekan loaksi TPS secara daring.

"Harus kami cek. Kalau sudah masuk DPT perlakuannya kan berbeda karena sudah tercantum. Ini kan harus online," kata dia.

Selain dua TPS blank spot di Sleman, lanjut Zaenuri, KPU DIY juga menerima laporan sejumlah TPS yang berlokasi di kawasan berkategori lemah koneksi internat yakni 177 di Kabupaten Gunungkidul, 17 TPS di Kulon Progo, dan tiga TPS di Bantul.

KPU DIY berencana memindah dua TPS yang ada di Sleman karena berada di zona blank spot.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia