4 Poin Pernyataan Sikap UKDW Jogja Merespons Kondisi Politik dan Pemilu 2024

Rabu, 07 Februari 2024 – 09:00 WIB
4 Poin Pernyataan Sikap UKDW Jogja Merespons Kondisi Politik dan Pemilu 2024 - JPNN.com Jogja
Pernyataan sikap Universitas Kristen Duta Wacana merespons kondisi politik dan pemilu 2024 pada Selasa (6/2). Foto: Humas UKDW

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Civitas akademica Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta ikut menyuarakan kegelisahan mereka menyikapi situasi politik saat ini.

Menyusul kampus-kampus lain di Yogyakarta, UKDW menyampaikan pernyataan sikap di Gedung Hagios, Selasa (6/2).

Rektor UKDW Dr Ing Wiyatiningsih mengatakan bangsa Indonesia memiliki beragam anugerah dalam bentuk kemajemukan, situasi sosial, kekayaan alam, religiusitas dan potensi sumber daya manusia.

Anugerah dari Tuhan tersebut menurutnya dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

"Demokrasi adalah bagian dari anugerah yang menjamin kebebasan berpendapat yang beradab sehingga seharusnya mendatangkan kegembiraan dalam pesta demokrasi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," kata Wiyatiningsih. 

Dalam menyikapi situasi politik dan pesta demokrasi yang sedang terjadi, UKDW berpegang pada nilai-nilai kedutawacanaan, yaitu obedience to God, walking in integrity, striving for excellence dan service to the world.

Berikut ini pernyataan sikap civitas academica UKDW menyikapi situasi politik tanah air saat ini.

1. Berdasarkan nilai obedience to God, kami meyakini bahwa Pemilu adalah bentuk pertanggungjawaban keimanan bangsa Indonesia yang religius. Inilah momen ketika masyarakat Indonesia secara bebas dan jauh dari segala bentuk intimidasi dari pihak manapun juga, menentukan pemimpin bangsa dan wakil rakyat periode berikutnya.

Universitas Kristen Duta Wacana atau UKDW ikut bersuara menyikapi kondisi politik tanah air.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News