Update Gunung Merapi Pekan Ini: Sempat Muncul Hujan Abu

Minggu, 13 Februari 2022 – 20:02 WIB
Update Gunung Merapi Pekan Ini: Sempat Muncul Hujan Abu - JPNN.com Jogja
Gunung Merapi (BPPTKG)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas Gunung Merapi selama sepekan, pada 4 - 10 Februari 2022.

Disebutkan bahwa cuaca di sekitar Gunung Merapi umumnya cerah pada pagi dan malam hari, sedangkan siang hingga sore hari berkabut. 

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan bahwa pekan ini Gunung Merapi teramati tiga kali mengeluarkan awan panas guguran ke arah barat daya, hulu Sungai Bebeng dengan jarak luncur 1,8 – 2 kilometer. 

"Dilaporkan terjadi hujan abu pada tanggal 6 Februari 2022, antara lain di Kecamatan Cangkringan, Sleman dan Musuk, Boyolali," ujar Hanik dalam keterangannya pada Minggu (13/2). 

Guguran lava pijar teramati sebanyak 133 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2 kilometer.

Berdasarkan analisis morfologi, tidak teramati adanya perubahan yang signifikan baik pada kubah lava barat daya maupun kubah tengah. 

Volume kubah lava barat daya sebesar 1.670.000 m3 dan kubah tengah sebesar 3.007.000 m3. 

"Intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,7 cm per hari," ujar Hanik.

BPPTKG melaporkan kondisi Gunung Merapi selama sepekan terakhir. Sempat dilaporkan ada hujan abu di beberapa wilayah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia