Pencinta Tahu Tempe Ketar-ketir, Stok Kedelai di DIY Mulai Kosong

Kamis, 17 Februari 2022 – 13:04 WIB
Pencinta Tahu Tempe Ketar-ketir, Stok Kedelai di DIY Mulai Kosong - JPNN.com Jogja
Komoditas kedelai di beberapa pasar mulai kosong. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Para pencinta makanan tahu dan tempe mungkin mulai khawatir karena ada laporan bahwa stok kedelai di beberapa pasar tradisional mulai kosong. 

Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta mengatakan sejak Senin (14/2), kedelai impor maupun lokal di beberapa pasar sudah kosong meskipun tidak berdampak pada kenaikan harga komoditas tersebut. 

"Dari pantauan di lapangan, harga kedelai masih normal. Tetapi di beberapa pasar mulai kosong. Bahkan di Pasar Prawirotaman stok kosong sejak Senin sampai hari ini," kata Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Riswanti, Rabu (16/2).

Sedangkan untuk harga, kedelai impor di pasar tradisional tetap dijual Rp 12.000 per kilogram dan Rp 16.500 untuk kedelai lokal.

Menurut dia, konsumsi kedelai di Kota Yogyakarta tidak terlalu besar karena jumlah perajin tahu dan tempe di kota tersebut juga tidak terlalu banyak.

Namun demikian, lanjut dia, stok kedelai di pasar-pasar tradisional di Kota Yogyakarta diburu oleh perajin tahu dan tempe dari kabupaten lain di DIY saat stok kedelai di wilayah mereka kosong.

"Terutama di Pasar Beringharjo yang menjadi tempat ‘kulakan’. Banyak yang mengalihkan pembelian ke pasar ini saat kedelai di kabupaten lain mulai kosong atau harga naik," katanya.

Meskipun stok kedelai kosong dalam beberapa hari, namun hingga saat ini, Riswanti mengatakan, belum ada kelangkaan produk tahu dan tempe yang dijual di pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

Para pencinta makanan tahu dan tempe di Yogyakarta mungkin mulai khawatir karena adanya laporan kelangkaan komoditas kedelai di beberapa pasar tradisional.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia