Tak Boleh Ada Pembeli Dadakan di Pangkalan Elpiji Bersubsidi Yogyakarta, Ini Tujuannya

Jumat, 04 Maret 2022 – 19:09 WIB
Tak Boleh Ada Pembeli Dadakan di Pangkalan Elpiji Bersubsidi Yogyakarta, Ini Tujuannya - JPNN.com Jogja
Pertamina menilai ada peralihan pola konsumsi pelanggan dari elpiji nonsubsidi menjadi gas melon. Foto/ilustrasi: Pertamina

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta mengingatkan pangkalan elpiji tiga kilogram bersubsidi agar tak melayani pembeli dadakan karena berpotensi mengganggu stok untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono berharap tidak ada pergeseran pembelian ke elpiji tiga kilogram menyusul meningkatnya harga elpiji non subsidi.

“Peruntukan elpiji subsidi sudah jelas untuk masyarakat miskin. Sudah ada segmennya masing-masing,” kata Yunianto.

Dinas Perdagangan dan Satpol PP Kota Yogyakarta berencana melakukan pengawasan penjualan elpiji subsidi untuk memastikan tidak ada pergeseran penjualan dan elpiji tiga kilogram tetap dapat dinikmati oleh masyarakat miskin.

“Jangan sampai digunakan oleh warga yang tidak berhak. Memang potensi pergeseran konsumsi ini menjadi kekhawatiran kami, makanya perlu dilakukan pengawasan,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, dimungkinkan untuk mengajukan usulan penyesuaian harga eceran tertinggi (HET) untuk elpiji tiga kilogram karena selisih yang terlampau jauh dengan elpiji non subsidi.

“Jika melihat kondisi di lapangan, dimungkinkan bisa diusulkan pada harga Rp 18.000 per tabung sesuai harga di tingkat masyarakat saat ini. Tetapi, penentuan HET ini tentu perlu dibahas bersama dengan DIY. Jangan sampai memberatkan masyarakat,” katanya.

Yunianto memastikan persediaan elpiji di Kota Yogyakarta mencukupi hingga Lebaran.

Pemkot Yogyakarta meminta pangkalan gas subsidi 3 kilometer agar tak melayani pembelian dadakan agar tak mengganggu stok elpiji di daerah tersebut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News