Aktivitas Gunung Merapi Pekan Ini, 747 Kali Gempa Guguran, Siaga!

Sabtu, 05 Maret 2022 – 17:10 WIB
Aktivitas Gunung Merapi Pekan Ini, 747 Kali Gempa Guguran, Siaga! - JPNN.com Jogja
Dokumen - aktivitas Gunung Merapi pada pekan terakhir 2021. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di perbatasan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah masih terus mengeluarkan aktivitas kegempaan.

Berdasarkan pemantauan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), intensitas Gunung Merapi dalam sepekan terakhir, 25 Februari hingga 3 Maret 2022 masih cukup tinggi.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan pada periode tersebut terjadi 5 kali gempa vulkanik dangkal (VTB), 36 kali gempa fase banyak (MP), 747 kali gempa guguran (RF), 9 kali gempa embusan (DG) dan 6 kali gempa tektonik (TT).

"Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,4 cm per hari," ujar Hanik.

Dalam sepekan, guguran lava terpantau sebanyak 73 kali ke arah barat daya. Dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2 kilometer.

Analisis morfologi terdapat perubahan pada kubah lava barat daya berupa bekas guguran. Namun, tidak teramati perubahan ketinggian yang signifikan.

Berdasarkan analisis foto udara bahwa volume kubah lava barat daya terhitung mencapai 1.578.000 meter kubik dan kubah tengah 3.228.000 meter kubik.

Adapun potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan - barat daya yang meliputi Sungai Boyong sejauh 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak, dan Bebeng sejauh 7 kilometer.

Gunung Merapi masih menunjukkan aktivitas kegempaan sebanyak 747 gempa guguran terpantau dalam sepekan. Status Gunung Merapi masih level 3 atau Siaga.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia