Komnas HAM Temukan Penyiksaan Warga Binaan di Lapas Narkotika Yogyakarta: Ditelanjangi, Ditendang, Dicambuk

Selasa, 08 Maret 2022 – 08:02 WIB
Komnas HAM Temukan Penyiksaan Warga Binaan di Lapas Narkotika Yogyakarta: Ditelanjangi, Ditendang, Dicambuk - JPNN.com Jogja
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Yogyakarta. ANTARA/Luqman Hakim

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Informasi tentang adanya dugaan penyiksaan terhadap warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Yogyakarta akhirnya menemui titik terang.  

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menginvestigasi dugaan tersebut dan membenarkan bahwa memang ada tindakan yang mengarah pada penyiksaan warga binaan. 

Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan telah terjadi kekerasan, penyiksaan, dan perendahan martabat manusia di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta. 

Investigasi mengenai dugaan kekerasan di lapas itu bermula setelah sejumlah mantan narapidana mengadu ke Ombudsman RI Perwakilan DIY dan Jawa Tengah pada 1 November 2021 mengenai dugaan penganiayaan dan pelecehan seksual yang mereka alami.

Berdasarkan hasil investigasi, kata Anam, dugaan praktik penyiksaan di lapas yang terletak di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman itu memang terjadi sejak pertengahan 2020.

Praktik tersebut, menurut dia, berlangsung beriringan dengan upaya pemberantasan penggunaan narkotika di dalam lapas dalam waktu yang singkat dengan target maksimal.

"Celakanya ketika intensitas (pemberantasan narkoba) ini sangat tinggi yang terjadi adalah tindak kekerasan, penyiksaan, dan merendahkan martabat muncul di situ," ujar Anam dalam konferensi pers, Senin (7/3).

Mengenai siapa pelakunya, Anam mengatakan bahwa sudah ada petugas lapas yang mengakui melakukan tindakan tersebut.

Komnas HAM akhirnya merilis hasil investigasi dugaan penyiksaan di lapas narkotika Yogyakarta. Warga binaan ada yang ditelanjangi, ditendang, dan dicambuk.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News