Perusahaan di Yogyakarta Jangan Hanya Bayar Gaji Sesuai UMK, Struktur Skala Upah Wajib Dipenuhi

Selasa, 15 Maret 2022 – 11:05 WIB
Perusahaan di Yogyakarta Jangan Hanya Bayar Gaji Sesuai UMK, Struktur Skala Upah Wajib Dipenuhi - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Karyawan perusahaan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kota Yogyakarta diingatkan agar tidak hanya membayar gaji karyawan sesuai dengan upah minimum kota (UMK), tetapi juga harus memenuhi struktur skala upah sesuai ketentuan yang berlaku. 

Ketentuan struktur dan skala upah sudah tertuang dalam berbagai aturan, di antaranya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja, Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan serta Permenaker Nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah.

Aturan tersebut menyatakan bahwa karyawan yang sudah bekerja selama 12 bulan, penghitungan upah yang diterima dilakukan berdasarkan struktur dan skala upah.

Tidak lagi didasarkan pada upah minimum yang diberlakukan di suatu daerah.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang mengingatkan semua perusahaan agar mematuhi struktur dan skala upah tersebut. 

“Pemberian upah yang adil merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis dan akan berdampak positif bagi karyawan maupun perusahaan,” kata dia.

Menurut Tonang, salah satu dampak positif dalam pemberian upah yang adil adalah mengurangi tingkat pergantian karyawan sehingga perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya untuk proses rekrutmen pekerja baru, pendidikan dan pelatihan bagi karyawan.

“Penetapan UMK didasarkan pada kebutuhan hidup layak pekerja lajang dengan masa kerja di bawah satu tahun. Jika sudah bekerja lebih dari satu tahun, penghitungan upah dilakukan berbeda,” katanya.

Pemkot Yogyakarta mengingatkan perusahaan di daerah tersebut agar patuh pada struktur skala upah dalam sistem penggajian karyawan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia