Bumil Ingin Tetap Berpuasa? Wajib Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

Kamis, 31 Maret 2022 – 17:03 WIB
Bumil Ingin Tetap Berpuasa? Wajib Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini - JPNN.com Jogja
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat bulan Ramadan, ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya dengan membayar fidiah. 

Namun, untuk beberapa kasus, ada ibu hamil yang tetap ingin berpuasa karena merasa sanggup. 

Ibu hamil yang ingin tetap berpuasa pada bulan Ramadan harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. 

Dokter spesialis kandungan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dr. Muhammad Fadli mengatakan ibu hamil boleh berpuasa dengan catatan dan tahu batasannya. 

Dokter Fadli menyebut salah satu yang penting diperhatikan adalah kebutuhan asupan makanan dan minuman selama sahur dan berbuka puasa.

Menurut dr. Fadli, ibu hamil tidak boleh mengalami dehidrasi sehingga harus memenuhi asupan air minum minimal dua liter per hari. 

"Kalau kurang, ini akan berdampak dengan volume cairan ketuban dan bisa memicu kontraksi," ujar dia, Kamis (31/3).

Saat sahur, ibu hamil sebaiknya perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, dan asupan protein untuk pertumbuhan janin.

Dokter spesialis kandungan memberikan beberapa catatan penting yang wajib diperhatikan oleh bumil yang ingin berpuasa pada bulan Ramadan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia