Muhammadiyah Larang Buka Puasa Bersama di Masjid, Saf Salat Boleh Rapat, Asalkan...

Rabu, 30 Maret 2022 – 14:04 WIB
Muhammadiyah Larang Buka Puasa Bersama di Masjid, Saf Salat Boleh Rapat, Asalkan... - JPNN.com Jogja
Salat berjamaah di masjid. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah memperkenankan pelaksanaan ibadah Ramadan di masjid dan musala dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta memperhatikan kondisi perkembangan Covid-19 di daerah masing-masing.

Dalam surat edaran PP Muhammadiyah tentang panduan penerapan protokol kesehatan, kegiatan ibadah Ramadan dan Idulfitri diatur secara khusus mengingat kondisi masih pandemi.

"Pelaksanaan rangkaian ibadah Ramadan dan Idulfitri 1443 H diperkirakan masih akan berlangsung dalam kondisi kedaruratan Covid-19 walaupun upaya pengendalian Covid-19 mulai menampakkan hasilnya," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan resminya.

Hal tersebut, lanjutnya, terlihat pada
kecenderungan penurunan jumlah kasus harian konfimasi positif Covid-19, capaian vaksinasi dosis satu dan dua, serta rendahnya keterisian tempat tidur Covid-19 di rumah sakit.

Dalam ketentuan pelaksanaan ibadah Ramadan nanti, pengurus masjid tidak diperkenankan membuka layanan buka puasa bersama di masjid yang melibatkan banyak orang secara tatap muka.

Langkah tersebut dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung yang berpotensi menyebabkan penyebaran virus. 

Kemudian, saf salat berjemaah di masjid juga diatur dalam surat edaran tersebut.

Dijelaskan bahwa saf salat jemaah dapat dirapatkan bila memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan PP Muhammadiyah. 

PP Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran terkait ketentuan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan. Salah satunya masjid dilarang mengadakan buka puasa bersama.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia