Gunung Merapi Siaga, Guguran Lava Meluncur 112 Kali ke Sungai Bebeng

Selasa, 19 April 2022 – 17:03 WIB
Gunung Merapi Siaga, Guguran Lava Meluncur 112 Kali ke Sungai Bebeng - JPNN.com Jogja
Ilustrasi aktivitas Gunung Merapi Pekan Ini. Foto: dok BPPTKG

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di perbatasan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah tarpantau masih mengeluarkan aktivitas kegempaan.

Menurut pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), intensitas kegempaan Gunung Merapi selama sepekan, 8-14 April 2022 masih cukup tinggi.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan bahwa di Gunung Merapi pada minggu ini telah terjadi guguran lava sebanyak 112 kali ke arah barat daya, dominan ke Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2 kilometer.

"Foto udara dari survei drone menunjukkan dua lokasi sumber guguran di kubah barat daya yang keduanya mengarah ke Kali Bebeng. Sedangkan sumber guguran di kubah lava tengah kawah berada pada bekas longsoran 9 - 10 Maret 2022," kata Hanik melalui keterangannya kepada media.

Berdasarkan analisis foto dari stasiun kamera, volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.672.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.582.000 meter kubik.

BPPTKG menyimpulkan bahwa intensitas kegempaan Gunung Merapi pada minggu ini masih cukup tinggi.

"Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,2 cm per hari," ujar Hanik.

Selama periode pengamatan, intensitas curah hujan sebesar 52 mm per jam selama 50 menit di Pos Kaliurang pada tanggal 13 April 2022.

BPPTKG melaporkan aktivitas Gunung Merapi pada pekan ini. Guguran lava meluncur 112 kali ke arah kali Bebeng. Ada banjir lahar dingin.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia